Friday

Profil "Lady Rapper Indonesia" Yacko


Yacko, lahir di Surabaya pada 10 Oktober 1979 dengan nama Yani Oktaviana. Ia memulai debut karirnya dengan singel So What pada album Refleksi tahun 2005. Termasuk salah satu rapper yang cukup disegani eksistensinya karena perjuangan dan karya-karya yang menambah warna dalam blantika musik tanah air. Ia sempat meramaikan Pesta Rap 2 pada tahun 1996 dengan lagu Nongkrong dan mengisi lagu tema film Anacondas tahun 2004.

Menurut Yani, Ia jatuh cinta pada genre yang digelutinya ini semenjak umur 13 tahun dari mendengarkan radio dan mengumpulkan kaset. Pada tahun 1992, Ia mengikuti kompetisi Rap di Surabaya dan sempat bergabung dengan grup hiphop lokal, Pumpkin Rapper. Yang dimana Ia belajar tentang lirik dan blok ketukan. Ketika berusia 16 tahun, dia mendapat kontrak rekaman pertamanya dan ikut menyumbang suara dalam album kompilasi Pesta Rap 2.

Selain sebagai seorang rapper, Yani juga bekerja sebagai dosen dan pernah bekerja sebagai penyiar radio. Terbukti dari prestasi akademiknya Ia tidak mengesampingkan pendidikan. Yani Oktaviana pernah menjalani kuliah di Universitas Trisakti (Ekonomi Manajemen) dan menyelesaikan kuliah hanya dengan 3.5 tahun sehingga menerima gelar cumlaude dan lulusan kedua terbaik di fakultas ekonomi. Selain itu dia juga menyelesaikan kuliah double degreenya di Edith cowan University, Perth, Australia. Tidak hanya itu Yacko, juga meneruskan kuliahnya ke Universitas Wolongong, Australia dan mendapat gelar Master of Business Adminstration. Dia juga menyelesaikan kuliahnya di University of Sydney, NSW, Australia di fakultas IT dan menerima gelar Graduate Diploma of Applied Science.



Link terkait : 
www.reverbnation.com/itsyacko
itsyacko.blogspot.com/
www.facebook.com/itsyacko

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)