Thursday

Hari Besar


Mulai dari beberapa minggu yang lalu, gue dan dua orang kawan lainnya disibukkan dengan sebuah kegiatan yang proyektif dan komersil. Ini dimulai dari sebuah pengumuman tentang diadakannya sebuah lomba yang tujuan utamanya adalah membangun jiwa kewirausahaan generasi bangsa untuk mau berpartisipasi dan berkonstribusi dalam pembangunan ekonomi bangsa, secara garis besar. Dan lomba ini diikuti oleh banyak siswa dari berbagai sekolah di kota Batam. Lomba tersebut diadakan di UIB (Universitas Internasional Batam).

Pada hari sesi pertama, seleksi dilakukan dengan cara mengumpulkan sebuah proposal usaha, yang mana ini akan berguna untuk menarik investor dan menjelaskan secara terperinci tentang kegiatan yang dikerjakan atau produk apa yang dihasilkan. Peserta yang lolos di sesi ini akan masuk ke babak selanjutnya, yaitu babak presentasi. 

Pada babak presentasi, masing-masing tim yang telah ditentukan beranggotakan 3 orang akan memberikan presentasi tentang produk mereka didepan para peserta lain dan para juri tentunya yang notabene adalah dosen dikampus UIB tersebut yang telah berpengalaman dalam bidang masing-masing. 

Di sesi presentasi tersebut, beberapa tim kurang mengesankan para juri dengan apa yang mereka tampilkan yang tak ayal membuat mereka mendapatkan kritikan pedas dari para juri. Masalah utamanya, mulai dari slide presentasi yang terkesan kurang memuaskan, management waktu, pembawaan presentasi dan penilaian lainnya yang dianggap juri perlu.
Kami melewati sesi ini dengan sangat mulus, dibandingkan dengan tim lain yang juga mengikuti presentasi hari itu. Ours, such a great presentation! and the jury we saw in that day like our presentation much than the others.

Tanggal 23 april kemarin hari dimana bazar dihelat dan merupakan hari penentuan. Yak! kami masuk final. Finalis yang telah mengikuti beberapa sesi dan telah terseleksi terdiri dari 10 tim, dengan macam-macam produk andalan masing-masing. Tim kami, menyebut produk yang kami buat sebagai PEMDAGIRI atau Pempek Daging Ikan Tenggiri. Saya akan post dokumentasinya nanti.

Selain 10 peserta yang masuk final, kami digabungkan dengan mahasiswa setempat yang juga mengusung tujuan yang sama untuk berwirausaha, atau lebih tepatnya jualin dagangan biar dapet untung. Dan setelah dapet kabar pengumumannya, ternyata kita masuk di harapan 2. Lumayanlah. Ternyata pekerjaan kita cukup diapresiasi, selain itu kita juga dapet lagi pengalaman. Terimakasih buat orangtua, temen, dan siapapu yang telah membantu kita dalam kegiatan tersebut. That's so helpful. Really.

So, that's The Big Day. Thanks for read, it will be great if you want to see this blog again. ba-bye!

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)