Saturday

Studio Murah


Kata “murah” memiliki persepsi berbeda disetiap kalangan, namun bukan berarti jika ada niat dan usaha, kita tidak bisa “menembus” arti murah tersebut bukan???

Kali ini saya akan coba membahas secara singkat tentang Tips dan Trik studio rekaman untuk para Rapper yang doyannya bikin demo namun mageeeeeeer banget buat ke studio, bayangin, butuh 200-500 ribu Rupiah bahkan jutaan untuk rekaman di sebuah studio berkualitas, namun selama kita punya “senjata” yang udah ada, kenapa nggak? heheee.. 

1. Komputer & Laptop
Pastikan komputer kalian memiliki spect yang baik, minimal VGA 512mb , RAM 512mb , free space memory 1gb dan soundcard internal yang latency-nya gak “delay” banget saat rekaman. semakin besar, semakin baik.
Isi software untuk rekaman minimal yang memiliki plugin seperti (Mixer, EQ/Equalizer, Compressor, Reverb, Delay, Enhancer, Multiband Compressor, Mastering compressor dan juga Sent/Send Channel), contoh: Cubase, Nuendo, Protools.

Untuk laptop yang dilengkapi microphone, hal ini lebih baik, namun bagi yang belum memilikinya, bisa menggunakan microphone yang biasa, namun harus menambahkan jack 3,5mm untuk menyambungkan ke colokan input pada komputer dan laptop.

2.  Equipment Rekaman
Lebih baik jika menggunakan soundcard internal, karena sourcenya akan semakin baik, namun bagi yang lagi “nabung” bisa mengandalkan soundcard bawaan komputer/laptop untuk sementara.
Disarankan menggunakan stand mic dan filter mic / pop filter (busa penutup mic), karena hal ini berpengaruh pada saat rekaman, jika mic terlalu goyang dan ada nafas yang terlalu “menghentak’ mic, bisa menghasilkan clip dan noise yang gak asik, gak perlu beli, dulu saya pernah menggunakan sapu dan stoking nyokap buat stand mic dan pop filter,hehehe..

3.  Teknik Rekaman
Untuk hal ini kita bagi dalam beberapa tahapan, mulai paling awal, hingga akhir


  • Recording
Lakukan seperti apa yang kalian mau, yang penting tidak ada clip sama sekali.


  • Balancing
Setelah rekaman, atur besar kecilnya suara rekaman di mixer, setelah suara terdengar sama, selanjutnya lakukan panning (membagi suara ke kanan dan kiri), lalu dilanjutkan dengan memasukkan compressor pada source, settingan untuk pemula : (attack 5 , Release 50 , Ratio 3:1 , lalu atur treshold hingga menyentuh GR maximal 9db. saran treshold pasang -19 hingga -22 db. jika suara terdengar kecil, tambahkan Gain hingga suara terdengar pas.


  • Reverb & Delay
Untuk reverb dan delay, kalian bisa menggunakannya sesuka hati, namun ada satu tips, jangan pernah menggunakan effect tersebut secara langsung ke source, melainkan dengan membuat satu channel sent, lalu lanjutkan dengan memasukkan sent channel tersebut ke dalam send channel source di mixer utama yang ada.


  • Balancing Ulang
Setelah memasukkan reverb dan delay, dan effect lainnya , sebaiknya di balancing ulang, siapa tahu ada suara yang masih terlalu besar atau terlalu kecil.


  • Mastering
Disarankan untuk meng-export ke bentuk WAV terlebih dahulu, setelah itu cobalah untuk memasukkan enhancer, multiband compressor dan mastering compressor. untuk tahap ini, cobalah kalian atur sendiri panel 2 yang ada hingga menghasilkan suara yang layak. tips mastering, atur mastering compressor agar tidak menyantuh batas melebihi 4db.

Source: magz.hiphopheroes.net

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)