Sunday

Snoop Dogg a.k.a Snoop Lion


Bagi kita kalangan yang menyukai genre musik Hiphop, sudah barang pasti mengenal seorang flamboyan dalam bidangnya ini, Snoop Dogg. Kini, setelah Ia menjadi muallaf, nama panggungnya berubah menjadi Snoop Lion, serta Ia mengganti genre musiknya dengan genre musik asal Jamaica yaitu: Reggae.

Nama aslinya adalah Calvin Cordozar Broadus, Jr. Dinamai dari ayah tirinya Calvin Cordozar Broadus, Sr. Ayah kandungnya, Vernall Varnado adalah seorang veteran Vietnam penyanyi, dan pembawa surat yang dikatakan sering absen dari hidupnya. Orantuanya sering memanggilnya dengan panggilan "Snoopy" karena penampilannya, namun dirumahnya Ia juga  biasa dipanggil dengan Calvin. Snoop lahir di Long Beach, California, pada 20 Oktober 1971. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Sebagai remaja, Ia termasuk anak yang cukup bermasalah dengan hukum. Sebagai seorang remaja, Snoop sering mengalami masalah dengan hukum. Dia adalah anggota dari Rollin '20 Crips geng di Eastside dari Long Beach, meskipun ia menyatakan pada tahun 1993 bahwa ia tidak pernah bergabung dengan sebuah geng. Tak lama setelah lulus dari SMA, ia ditangkap karena kepemilikan kokain, dan untuk tiga tahun berikutnya adalah sering masuk dan keluar dari penjara (termasuk Wayside County Jail).

Awal karirnya bermula saat Ia dan sepupunya Nate Dogg serta Lil' ½ Dead and friend juga Warren G membuat mixtape buatan rumah dan bergabung dalam sebuah grup yang disebut "213" dinamai dari kode area Long Beach pada saat itu. Salah satu nya freestyles solonya selama masa kejayaan En Vogue "Hold On" itu telah membuat produser berpengaruh, Dr.  Dre mengundangnya untuk audisi. Lalu mantan N.W.A & anggota The D.O.C ini mengajari Snoop bagaimana struktur lirik dan memisahkan tematik kedalam verse, hook dan chorus.

Ketika Ia mulai menjalani kehidupan tersebut, Ia menjadikan Snoop Doggy Dogg sebagai nama panggungnya. Kerjasamanya dengan Dr. Dre diawali pada lagu tema dari film 1992, Deep Cover, dan kemudian pada debut album solo Dr. Dre: The Chronic. Kemudian bersama dengan anggota lain dari mantan kelompoknya ia memulai sebuah grup, Tha Dogg Pound. Keberhasilan besar Snoop Dogg didebut: Doggystyle adalah sebagian karena aksi intensenya dalam grup ini. 

Diskografi rapper Amerika Snoop Dogg terdiri dari sebelas album studio, satu album kolaboratif, tujuh belas album kompilasi, one extended play, dua puluh Mixtapes, 126 single (termasuk tujuh puluh tiga sebagai featured artist) dan sembilan single promosi --> Snoop discography.



Snoop menikahi kekasih Highschool-nya, Shante Taylor, pada tanggal 12 Juni 1997. Pada tanggal 21 Mei 2004, ia mengajukan gugatan cerai pada Shante, dengan alasan perbedaan yang tak terdamaikan. Namun mereka memperbarui janji pernikahan mereka pada tanggal 12 Januari, 2008. Pasangan ini memiliki tiga orang anak: dua orang putra, Corde (lahir 1994) dan Cordell (lahir 1997), serta seorang putri Cori (lahir 1999). Snoop adalah sepupu pertama R & B penyanyi Brandy dan Ray J.

Snoop adalah penggemar berat olahraga, termasuk tim-tim asal Los Angeles Dodgers, Los Angeles Lakers dan USC Trojans, serta Pittsburgh Steelers. Dia menyatakan nya mulai mengikuti Steelers pada tahun 1970 sambil menonton tim dengan kakeknya. Ia juga seorang penggemar Oakland Raiders dan Dallas Cowboys, sering mengenakan jersey No.5, dan telah terlihat di kamp-kamp pelatihan Raiders. Dia telah menunjukkan kesukaannya terhadap New England Patriots, yang telah terlihat tampil di Stadion Gillette. Ia juga seorang penggemar hoki yang setia, pendukung jersey dari Pittsburgh Penguins yang sekarang sudah tidak lagi menggunakan Springfield Indians seperti dalam video musiknya tahun 1994, "​​Gin And Juice". Pada realitasnya menunjukkan Snoop Dogg adalah "Ayah" bagi lingkungannya, Snoop dan keluarganya menerima pelajaran bermain hoki dari Anaheim Ducks, kemudian kembali ke pusat Honda untuk mendukung Ducks melawan Canucks Vancouver dalam episode "Snow in da Hood".

Seorang pelatih sepakbola bersertifikat, Snoop Dogg telah menjadi kepala pelatih untuk tim sepak bola pemuda anaknya Cordell bersama dengan John A di tim Rowland High School. Cordell memainkan wide receiver dan defensif, dengan arus penawaran beasiswa atletik dari UCLA, Washington dan Duke University.



Di tahun 2009, dilaporkan bahwa Snoop Dogg adalah anggota Nation of Islam. Pada tanggal 1 Maret 2009, Ia membuat sebuah penampilan di acara tahunan Nation of Islam: Saviour's Day, yang di mana pada kesempatan tersebut ia memuji menteri Louis Farrakhan. Snoop mengaku anggota dari Nation of Islam tersebut, tapi menolak untuk memberikan tanggal tepatnya kapan Ia bergabung. Dia juga menyumbangkan $ 1.000 organisasi. 

Mengaku sebagai "dilahirkan kembali" pada tahun 2012, rapper gangster berkonversi ke gerakan Rastafari, beralih fokus musiknya menjadi reggae dan mengubah namanya menjadi "Snoop Lion" lalu mengikuti perjalanan ke Jamaika. Dengan album reggae mendatang Reincarnated, Snoop Lion diklaim pada konferensi pers sebagai reinkarnasi dari Bob Marley, legenda reggae Jamaika yang meninggal pada tahun 1981. Pada Januari 2013, ia menerima kritik dari anggota komunitas Rastafarian di Jamaika, termasuk artis reggae Bunny Wailer, untuk dugaan kegagalan dalam memenuhi komitmen terhadap budaya. Snoop kemudian membantah klaim, menyatakan keyakinannya adalah pribadi dan tidak untuk penghakiman luar.



Selain debutnya sebagai seorang rapper, Snoop juga adalah seorang aktor yang mumpuni. Terbukti dari beragam serial TV dan film Dokumentary yang Ia bintangi. Tak jarang, Snoop membintangi sebuah film Ia sebagai diri sendiri. Beberapa film yang snoop ikut turut andil didalamnya diantaranya seperti: Bones (2001), Soul Plane (2004), Hood of Horror (2006), Turbo (2013) dan masih banyak lagi. Selengkapnya bisa anda lihat disini --> Snoop filmography.

Pada 23 April 2013 lalu, Album studio yang kedua-belasnya: Reincarnated telah dirilis dan berisikan 12 lagu. Ia berduet dengan Miley Cyrus di track "Ashtrays and Heartbreaks", featuring Drake dan Cori B dalam "No Guns Allowed", bersama Busta Rhymes dan juga Chris Brown pada "Remedy", dan beberapa lagu lainnya yang dapat dilihat disini --> Snoop Reincarnated Album.

Dan gue sering melihat memang banyak yang mengkritik dengan "perubahan" Snoop ini, banyak juga yang menyayangkan terjadinya hal ini. Bisa anda lihat di beberapa artikel yang berkaitan dengan snoop dan "reincarnated"-nya. Namun, semua kembali kepada penilaian masyarakat yang menikmat karyanya sebagai seorang musisi serta publik figur.

Link terkait:

Website • Twitter • Facebook Page • MyspaceYoutube • SoundcloudInstagramGoogle+  Store

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)