Monday

Linux

Tahukah kita bahwa Linux adalah sebuah sistem operasi dengan banyak varian dan open source? Yang artinya bahwa Linux sangat memberikan banyak pilihan tentang pemilihan sistem operasi sesuai kebutuhan yang tiap variannya berfokus pada sebuah atau beberapa fungsi, serta definisi open source adalah bahwa Linux dapat diubah dan dikembangkan dengan bebas oleh pengguna. Ya, Linux juga merupakan salah satu rival Windows dalam bidang sistem operasi. Dari pertama kali Linux diperkenalkan oleh pembuatnya Linus Torvalds pada tahun 1991, kini Linux telah berkembang luas di seluruh dunia. Perbedaan mendasar yang membedakan Linux dengan sistem operasi lainnya adalah pertama, Linux itu GRATIS. Walaupun beberapa aplikasi seperti di varian RedHat ada yang berbayar, tetap saja Linux itu terkenal dengan sistem operasi yang “baik hati tanpa perlu diminta”, artinya Linux bisa diperbanyak, disebarin suka-suka, dan kalo jago bisa juga dikembangin sesuai kemauan tanpa harus membayar royalti/tagihan kepada siapapun.
Perbedaan lainnya adalah source code Linux tersedia bagi siapapun, sehingga hal inilah yang menghasilkan sebuah impact terhadap pengguna Linux dengan keterlibatan banyak orang di seluruh dunia dalam perkembangannya. Linux tidak bergantung kepada vendor dan kompalbilitas yang tinggi serta faktor keamanan dan mempunyai kestabilan yang lebih baik dibandingkan dengan rival beratnya, Microsoft Windows. Linux secara pemanfaatan juga memiliki beragam aplikasi. Misalnya aplikasi pengolah gambar seperti GIMP, atau aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, Gnumeric dan LibreOffice. Aplikasi 3D seperti Blender serta Sweet Home dan Btanks untuk mendesain sebuah rumah. Juga jangan salah, Linux juga memliki game-game seru seperti Secondlife, Frets On Fire yang mirip Guitar Hero, Nexuiz, Tremolous dan antivirus handal seperti ClamAv, walaupun tanpa aplikasi antivirus pun Linux sudah cukup terjamin keamanannya untuk penggunaan reguler.

Tux, Penguin, Sebagai Maskot dari Linux

Linux itu awalnya cuma hobi si Linus Torvalds tadi. Dia adalah seorang mahasiswa Finlandia yang terinspirasi dari Minix, yaitu sistenm UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew Tanenbaum. Pengumuman resmi Linux untuk pertama kalinya oleh Linus adalah Linux versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan Shell Bash dan GNU C Compiler. Namun, perkembangan Linux sangat cepat. Hal ini terjadi karena itu tadi, Linux dikembangkan oleh beragam kelompok dengan ragam tingkat pengetahuan, pengalaman. Varian Linux disebut juga dengan istilah Distro Linux, yang mana tiap Distro dimungkinkan dibuat ataupun dikembangkan oleh kelompok yang berbeda-beda. Jadi kita juga bisa buat Distro Linux jika mau tabah dan ulet serta punya passion di bidang ini, karena tidak semua orang loh yang bisa ngerti dan sabar berhadapan dengan coding.
Nah, saatnya membahas tentang Distro Linux itu sendiri. Distro Linux itu sangat amat banyak karena dikembangkan oleh banyak kelompok di seluruh dunia baik secara privat maupun untuk publikasi dan inilah beberapa Distro Linux yang sudah mendapat nama di kalangan pengguna Linux, karena kalo sudah pake Linux, varian-varian di bawah ini wajib untuk kita ketahui.  Secara singkat definisinya akan saya jelaskan, namun untuk lebih lengkap silahkan cari tahu lagi biar ilmunya makin nambah. Check it out!

11.       Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila kalian sudah kecanduan dengan Windows, varian ini sangat mudah dan nyaman untuk dioperasikan.

22.       Red Hat, merupakan distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux.

33.       Ubuntu, salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”.

44.       CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).

55.       Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.

66.       Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat.

77.       Knoppix adalah distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di hard disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper.

88.       Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm]. Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.

99.       Slackware merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola. Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.

110.   Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

111.   openSUSE sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional adalah salah satu distro Linux dari perusahaan Novell, atau lebih tepat dari anak perusahaannya Suse Linux GmbH (Software- und System Entwicklungsgesellschaft mbH, Nürnberg yang berarti pengembangan -perangkat lunak dan -sistem)

112.   Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.

113.   Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari Linux Mint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada Linux Mint.

114.   PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.

Selain itu masih ada BackTrack, BlankOn Linux (dari Indonesia), Puppy Linux, Sabayon Linux, Turbo Linux, Damn Small Linux, Kuliax, Lycoris, Lindows, Linare dan banyak juga lagi yang lain. Linux juga memliki beberapa  tampilan desktop (desktop environment) seperti GNOME,KDE dan Xfce. Jadi bener-bener flexible banget. Seringkali pengguna baru Linux bermasalah dengan penginstalan Linux yang lebih ribet dibandingkan dengan Windows, tapi pengalaman itu sudah bakalan berbeda sekarang. Selain dengan menggunakan Text (Penginstalan melalui terminal), beberapa varian Linux telah memberikan kemudahan instalasi dengan memberikan pemilihan GUI untuk penginstalan. Keren kan?!
Nah, pasti banyak pertanyaan. Kalo varian sebanyak ini gimana mau nyobain satu-satu biar tau rasanya kalo make setiap varian Linux, karena biasanya tiap varian itu selalu ada bedanya, baik dari segi penampilan, daleman, ataupun pengoperasian. Kita bisa menggunakan aplikasi VirtualBox ataupun VMware untuk dapat merasakan experience tiap varian yang kita inginkan tanpa harus susah payah melakukan instal ulang yang berulang-ulang di komputer kita dengan sistem operasi sebelumnya yang bisa saja menyebabkan crash, dump file, broken harddisk dan lainnnya. Aplikasi tersebut bisa digunakan baik Windows maupun Linux sendiri. Satu lagi, percaya nggak percaya, bahwa Linux bisa menjalankan beberapa atau banyak program di Windows di sistemnya. Hal ini bisa dibuktikan dengan menggunakan aplikasi Wine yang tersedia pada Linux dan itu juga GRATIS!

Bagaimana? Tertarik ini mencoba Linux?
Sekian.
Dedi Kurniawan - 4311301050

“Stay foolish, Stay hungry to learn”

5 comments:

  1. Very great post. I simply stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed browsing your weblog posts. After all I’ll be subscribing on your feed and I am hoping you write again very soon!

    ReplyDelete
  2. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete
  3. Nice post, things explained in details. Thank You.

    ReplyDelete

  4. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete
  5. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    ReplyDelete

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)