Saturday

Perencanaan Masa Depan (Bagian 1)


Sebenenya artikel ini adalah artikel yang gue buat sewaktu masih duduk dibangku kelas 1 SMK dan ditulis di BLOG kepunyaan bersama seorang kawan dengan judul hampir sama . Cuma karena kita fokus dan perhatiannya masih terbagi-bagi dalam banyak hal termasuk tugas sekolah, kita belum sempat buat ngelanjutin BLOG nya. Nah artikel ini gue repost ulang tujuannya agar bisa dibaca oleh kalian dan semoga ada manfaat nya. Baik buat gue secara pribadi, ataupun kalian yang membaca. Genre artikel nya cocok buat umum, bahkan siapa saja yang membaca semoga artikel gue ini bisa menginspirasi kalian.


Kid-DB - Masa depan bagi banyak orang adalah hal yang sangat penting karena ini adalah tentang bagaimana cara untuk menjalani kehidupan selanjutnya, bagaimana kita akan menghadapi situasi ini, situasi itu dan segala macam persoalan yang mungkin saja datang kelak. Banyak orang telah memasang rencana baik itu jangka pendek maupun jangka panjang, demi mendapatkan sebuah masa depan yang lebih baik dari kondisi sekarang. tapi coba perhatikan, apa saja hal yang kamu lakukan sekarang untuk membuat masa depan kamu lebih indah, lebih cerah, lebih terprediksi ? Dan apa dampaknya bagi kehidupan kamu sekarang ? Apakah kamu sudah melakukan yang terbaik ? Apakah kamu sudah berjuang sekuat tenaga ? Coba di evaluasi lagi, saat kamu mendapatkan waktu senggang cobalah sejenak untuk memikirkannya.

Kita seringnya terfokus pada hal-hal besar dan sering meremehkan hal-hal yang bersifat sepele, hal-hal yang kecil yang biasanya rutin kita lakukan. "Ah, gue pengen jadi dokter. Gue harus kuliah difakultas kedokteran terbaik !", "Gue nanti bakalan jadi PNS, biar kalo pensiun masih dapet tunjangan hari tua" dan banyak cita-cita lainnya yang gue yakin setiap orang punya keinginan dan pandangan berbeda tentang masa depan mereka. But, look ! "Kalau kamu mau jadi dokter, kamu harus bersih, sikat gigi teratur, jaga porsi tidur, jaga kebersihan, kamarmu harus dibersihin habis bangun tidur, rutin rawat diri, lu bau badan ngga sih ? Atau yang pengen jadi PNS, gue udah jujur ngga ya? Sudahkah gue mengajari diri gue sendiri sebelum mengajari orang lain? Sudahkah gue bisa memimpin diri sebelum memimpin orang lain?" dan macem-macem. Padahal yang paling banyak mempengaruhi kehidupan kita itu adalah hal-hal sepele seperti diatas karena itulah kebiasaan kita yang membentuk kepribadian dan karakter kita!



Sometimes, kita melupakan dan bahkan menghilangkan keteraturan yang harusnya ada dalam  hari-hari yang sekarang kita alami. Dimana kita harus melakukan sesuatu aktivitas secara berulang (read:rutinitas) dan inilah yang disebut disiplin! Sempat banyak orang berfikir, disiplin itu kolot, terlalu memaksa, ngga sesuai dengan pandangan gue! soalnya gue cuma lakuin hal-hal yang bisa ngebuat gue seneng dan kalo gue ngga suka, kenapa harus gue lakuin. Ini salah besar, karena untuk mencapai masa depan yang benar-benar seperti yang kamu harapkan harus mengorbankan banyak hal, hingga itu ke sesuatu hal yang kamu ngga suka dan bahkan kamu benci. Itulah hidup! Tak ada yang bisa menang terus, tak ada yang bisa baik terus. Karena hidup itu bagai roda yang berputar, tapi coba lihat dari sisi positivenya! Hidup kamu ngga akan selamnya terpuruk, ngga akan selamanya hancur. Everything's gonna be allright!

Hidup ini begitu misterius, apalagi kalo kita berbicara soal masa depan. Semua ngga pasti, semua ngga ketebak bagaiman alur cerita hidup kamu kedepannya nanti. Semua memiliki kesan magis tersendiri dalam hidupnya. Sebuah keajaiban! Percaya ato ngga, keajaiban itu ada bagi mereka yang meyakini. Karena kadang kita ngga tau alasan dan maksud semua kejadian ini, refrensinya darimana, kok bisa ?! kok bisa ?! Keajaiban itu ngga butuh kesan logis, ngga butuh penjelasan, Semua terjadi begitu aja. Dan soal masa depan akan menjadi sebuah keajaiban jika kamu percaya dari sekarang bahwa semua keinginan untuk berhasil memang akan nyata. Karena jika kamu tidak percaya pada diri kamu sendiri, siapa lagi yang akan percaya.


Artikelnya gue lanjutkan pada bagian 2 dan bagian 3.

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)