Wednesday

All About Internet Explorer 9 [ iE 9 ]



Internet Explorer


Pengembang

Microsoft Corporation 

Sistem operasi

Microsoft Windows
 

Situs web

www.beautyoftheweb.com
 

Windows Internet Explorer (sebelumnya dikenal sebagai Microsoft Internet Explorer, disingkat IE atau MSIE) adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft, dan disertakan dalam setiap rilis sistem operasi Microsoft Windows sejak 1995. Pada mulanya, Internet Explorer dirilis sebagai bagian dari paket Plus! for Windows 95 (Inggris) pada saat itu.

Internet Explorer digunakan secara luas sejak tahun 1999, meliputi 95% dari keseluruhan penggunaan penjelajah web selama tahun 2002 hingga tahun 2003 dengan Internet Explorer 5 dan Internet Explorer 6. Lama kelamaan, ia kehilangan pangsa pasar sejak terlibat dengan kompetisi penjelajah web, dan kini meliputi 55,92%. Microsoft telah menghabiskan dana hingga 100 juta dolar per tahun untuk mengembangkan Internet Explorer di tahun 1990an, dengan 1.000 orang yang bekerja di dalamnya.

Sejak rilis pertamanya, Microsoft telah menambahkan fitur dan teknologi seperti penampilan tabel dasar (di versi 1.5), XMLHttpRequest (Inggris) (di versi 5) yang membantu pembuatan halaman web, dan Nama Domain yang Terinternasionalisasi (di versi 7) yang memungkinkan situs web yang menggunakan alamat berkarakter non-Latin (seperti karakter Kanji) diketikkan secara normal pada address bar Internet Explorer.

Rilis stabil Internet Explorer paling baru adalah Internet Explorer 9, yang tersedia sebagai pembaharuan gratis bagi Windows 7, Windows Vista, dan Windows Server 2008.

 Sejarah

Proyek Internet Explorer telah dimulai sejak musim panas tahun 1994 oleh Thomas Reardon. menggunakan kode sumber dari Spyglass, Inc. Mosaic, sebuah penjelajah web komersil baru. Di akhir 1994, Microsoft melisensikan Spyglass Mosaic.

Internet Explorer 1 Versi pertama dari Internet Explorer ini dirilis pada 16 Agustus 1995.

Internet Explorer 2 dirilis untuk Windows 95, Windows NT 3.5 dan Windows NT 4.0 pada 22 November 1995.

Internet Explorer 3 dirilis pada 13 Agustus 1996.

Internet Explorer 4 dirilis pada September 1997.

Internet Explorer 5

Internet Explorer 5 dirilis pada 18 Maret 1999.

Internet Explorer 6 dirilis pada 27 Agustus 2001.

Internet Explorer 7

Internet Explorer 7 dirilis pada 18 Oktober 2006.

Internet Explorer 8 dirilis pada 19 Maret 2009.

Internet Explorer 9


Internet Explorer 9 adalah versi terkini peramban web Internet Explorer dari Microsoft. IE9 dirilis untuk umum pada 14 Maret 2011. IE9 mendukung beberapa properti CSS3, dan peningkatan performa JavaScript. IE9 juga mendukung tag video dan audio HTML5, serta Web Open Font Format. Microsoft meluncurkan IE9 sebagai versi baru yang tidak terikat dengan jadwal peluncuran versi Windows yang baru, tidak seperti sebelumnya.

Kebutuhan spesifikasi untuk Internet Explorer 9 adalah sistem operasi Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Vista Service Pack 2 atau Windows Server 2008 SP2 dengan fitur Platform Update. Windows XP dan versi sebelumnya tidak didukung. IE9 adalah versi terakhir Internet Explorer yang mendukung Windows Vista; Internet Explorer 10 hanya akan didukung oleh Windows 7 dan Windows 8.

IE 9 DI RILIS RESMI 15 MARET 2011 di Ajang SXSW 2011
WASHINGTON - Microsoft akan secara resmi meluncurkan IE 9 pada tanggal 15 Maret di acara festival South by South West (SXSW) Interactive di Austin, Texas, AS.

IE9 akan berisi semua fitur di IE 9 RC, yang sudah diluncurkan pada bulan Februari, akan tetapi dikatakan bahwa juga ada beberapa fitur baru. Demikian seperti yang dikutip dari V3, Kamis (10/3/2011).
1

"Kami juga ada beberapa kejutan. Masih ada beberapa hal luar biasa yang ingin kami bagi," ujar Ryan Gavin, Senior Director dari IE.

IE9 akan memiliki tampilan muka yang sudah difokuskan pada pemaksimalan window pada browser dengan satu bar pencarian.

Microsoft sebelumnya mendapat kritik karena kurangnya dukungannya untuk HTML 5.

Akan tetapi, Dean Hachamovitch, Corporate Vice President dari IE, mengatakan kalau Microsoft tidak mau terlalu terlibat dalam suatu teknologi yang masih dalam tahap perkembangan.

"Microsoft telah membuat situs Lab HTML5 untuk membolehkan pengembang untuk mencoba berbagai implementasi teknologi Microsoft, yang mana akan membantu perkembangan teknologi tersebut," jelas Hachamovitch.

IE9 tidak akan hadir untuk mayoritas pengguna Windows karena hal itu hanya terbatas bagi pengguna Windows 7.
source: Microsoft

Update (15 Maret 2011):
Berikut adalah Screenshoot dari Internet Explorer Yang Telah Dirilis:
1
Hal pertama yang kalian akan lihat di IE9 adalah antarmuka yang benar-benar baru dan membutuhkan ruang vertikal sangat sedikit.bahkan lebih pixel-friendly daripada Chrome.
Ini menggabungkan antara tombol dan navigasi,
Kalian dapat mengubah ukuran kolom alamat jika perlu, agar dapat esuai preferensi, dan semua pilihan kalian tersedia di bawah satu tombol yang tergabung, sama seperti versi terbaru Chrome, Address bar sangat berguna, memberikan saran dari history dan dari Bing, lengkap dengan gambar inline untuk membantu kalian menemukan apa yang kalian ingin cari. kamlian juga dapat menambahkan mesin pencari lain jika kalian menginginkannya.
1

Standards and Performance

IE9 mengambil lompatan terhadap para pesaingnya, diantaranya menambahkan akselerasi hardware (menggunakan GPU kalian untuk membantu membuat webapps lebih intensif dan banyak dukungan HTML5. Microsoft memiliki halaman Test Drive yang bagus dimana kalian dapat menguji fitur ini melalui permainan kecil dan demo video.

Windows7-Supported Application Shortcuts

1
Sementara Chrome menjadi populer karena kemampuannya untuk menciptakan "Aplikasi Shortcuts"
untuk webapps, Microsoft juga telah mengambil sebuah langkah lebih jauh melalui kemitraan dengan layanan web tertentu seperti Facebook, Twitter, dan Pandora untuk membuat sendiri taskbar bookmark, lengkap dengan dukungan jumplist. Misalnya, menyeret URL dapat dilakukan dari address bar ke Taskbar, ia akan memberi kalian shortcut dengan jumplist yang dapat menavigasi ke bagian tertentu dari situs, seperti Berita Feed, Profil, atau Inbox. Kemudian, ketika kalian membukanya, maka akan terbuka di jendela itu sendiri, dengan semua tombol yang matching dengan skema warna dari situs itu sendiri.

Add-On Performance Advisor

1
Boleh dibilang salah satu fitur terkeren untuk sumberdayanya adalah Kinerja Advisor Add-On , yang tampak pada saat kalian meng install add-ons dan memberitahu kalian mana Add-On yang memperlambat browser kalian ke yang paling bawah. Kalian harus menunggu popup muncul dalam browser kalian yang terjadi ketika IE mendeteksi perlambatan browser yang signifikan (meskipun kalian dapat secara manual menyesuaikan berapa detik penundaan add-on browser, sebelum ini akan memberitahu kalian). ini adalah fitur yang sangat keren, dan akan membunuh dominasi Firefox dan Chrome.

Other Tweaks

Seperti Firefox dan browser populer lainnya, Internet Explorer memiliki jendela kecil yang menyenangkan dimana kalian dapat memonitor dan mengelola hasil download. Meski Ini tidak revolusioner.
Tab manajemen telah cukup dingkatkan sedikit di IE9, Perubahan terbesar adalah tab taering:
jika kalian ingin memisahkan tab yang terbuka ke dalam sebuah jendela baru, kalian bisa klik dan tarik menjauh dari tab bar. Hal Itu tidak akan memuat ulang halaman kalian, jadi jika kalian sedang menonton video YouTube tidak akan memulai lagi dari awal. Plus kalian dapat menarik tab lurus ke samping layar untuk memanggil Aero Snap.
Halaman tab baru terlihat sangat mirip dengan Chrome, yaitu menampilkan halaman yang terakhir dikunjungi.
Terakhir, IE9 telah mencakup fitur perlindungan pelacakan, yang bisa memungkinkan kalian membatasi situs mana saja yang dapat melacak posisi kalian saat sedang online. Pilihan tersebut
adalah optional dan juga memungkinkan kalian memblokir situs-situs melalui built-in blacklist seperti bagaimana AdBlock Plus bekerja pada Firefox dan Google Chrome.
1
1
Untuk lebih detailnya silahkan kunjungi halaman Microsoft:
http://ie.microsoft.com/testdrive/

Dari pada bikin kalian penasaran, silahkan download Internet Exlorer 9 Disini:

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)