Sunday

Kopi Asin


Ya, kopi asin. Mungkin pertama buat sebagian dari kalian membayangkan kata-kata itu kan? ya begitulah. Gue sendiri bukan hanya membayangkan kata-kata tersebut, tapi juga langsung mencicipinya. Ini suatu pengalaman yang keren banget. Bagaimanapun, gue orang pertama mungkin yang mencoba langsung kopi ini, ya setidaknya dalam tatanan keluarga gue dan suatu kehormatan yang ngga disengaja buat gue dan...

Gue ngga mau dikasi kehormatan itu lagi!

Jarang banget gue ngopi sebenernya. Dulu gue malah suka menghindari kopi, atau mungkin lebih tepatnya gue emang ngga suka ngopi. Tapi ada kebiasaan yang sangat pengen gue hindari melebihi kopi dan gue pernah mendapat pengalaman buruk soal itu. Itu adalah "Tidur slow motion" didalam kelas dan itu seringnya pada saat jam pelajaran sedang berlangsung. Dan itu direkam oleh teman sekelas gue dan dimasukin kedalam grup kelas gue di facebook, seterus nya itu jadi trending topik. Sungguh pengalaman yang sangat indah o,O. Well, kebiasaan itu dimulai dari dulu. Semenjak gue dilarang tidur lewat dari jam 9 malam semenjak SD untuk menjaga prestasi gue yang memang dulu gue cukup produktivitas dalam "mencetak" nilai-nilai bagus di raport.

Nah, setelah tamat kelas 6 gue minta dibeliin PS, PS2. Semenjak kelas 4 SD sih gue udah minta beliin, tapi pas jaman rental PS masih rame dengan PS1. Ntah salah beli atau apa, gue malah dibeliin game, gameboy, pokoknya permainan anak-anak yang anak-anak banget. Gitulah pokoknya. Tapi gue bersyukur dibeliin itu, daripada gue dibeliin sekotak boneka barbie atau satu set PLAY-DOH kan itu sangat memalukan bagi gue pas kecil yang dulunya gue adalah bocah pemberani dan selalu mencoba membuat keajaiban, walaupun itu gagal dan ditertawakan. 

Setelah gue dapet PS2 gue ini, gue jadi jarang belajar. Sangat sangat jarang belajar menurut gue dibanding gue dulu. Pelajaran kelas 1 SMP susah sih dibanding pelajaran kelas 1 SD. Gitu pikir gue, dan gue jadi "agak" malas berusaha setiap nemuin kesulitan dalam pelajaran. Eh, tapi nggak juga sih, pas punya PS2 gue masih sering belajar kok. Belajar teknik baru di SMACKDOWN, gimana bisa nonjok, tendang yang lebih akurat. Main DYNASTY WARRIORS, gimana bisa dapetin kuda bulenya si LUBU. Atau main WINNING ELEVEN gunain pemain dengan ability sempurna hasil ciptaan gue sendiri. Semua gue lakuin hampir setiap pulang sekolah, setiap hari dan gue masih merasa kekurangan waktu dan kurang puas buat main, main, dan main lagi. 

Dari sini tergiur lah gue buat ngelanggar peraturan yang umurnya sudah setengah dari kehidupan gue. Peraturan yang sudah lebih dari 6 tahun yang gue patuhi dari orang tua gue. Pertama-tamanya memang hasil curi-curi dan agak susah, tapi lama-kelamaan gue jadi semakin ahli dan orang tua semakin "melonggarkan" gue buat melakukan ini. Alhasil gue punya sangat banyak waktu dan kesempatan buat main lebih lama lagi, dan pada saat-saat ini gue sering ditinggalin kedua orang tua gue dirumah sampe larut malam juga dikarenakan kita mau pindah rumah dari rumah kekontrakan kerumah sendiri dan itu proses pembangunannya sering diawasi oleh kedua orang tua gue dan mereka juga ikut bantu-bantu biar cepet selesai. Ya, tindakan gue selalu punya alasan tepat.

Namun akibatnya, gue disekolah jadi lebih mudah ngantuk dan sulit berkonsentrasi. Sering curi-curi tidur dalam kelas dan kadang emang bener ketiduran. Berlanjut terus sampe kelas 3 SMP pun, waktu gue duduk tepat didepan meja guru, gue ketiduran. Tapi tentunya gue pilih-pilih guru juga kalo mau tidur, nah guru yang satu ini adalah guru matematika gue sekaligus guru les gue. Dia biarin aja, malahan 39 orang-teman gue yang lain ngetawain gue dan itu samar-samar kedengeran dan malah gurunya bilang: "udah biarin dia tidur sampe puas, kecapekan kayanya. lanjut kalian catatnya..."
Bukan tanpa alasan, gue bisa dibilang disini adalah "sang juara" karena dengan murid yang lain gue sangat mampu bersaing dalam setiap pengambilan nilai maupun ulangan. Terutama pelajaran bahasa inggris.
 
Tapi semenjak PS gue tiba-tiba rusak pada suatu hari. Gue jadi jarang begadang sih memang, tapi malah buat gue malan ngga semangat plus malas ngulang pelajaran. Walaupun jarang pas punya PS, tiba waktunya belajar sesekali gue sangat semangat. Apalagi itu menyangkut tugas kelompok, gue merasa harus jadi yang terdepan dan memimpin teman-teman sekelompok gue yang lain. Itu insting alami gue dulu, begitulah adanya. Tapi itu juga didukung kinerja teman-teman yang juga solid pada waktu itu. Gue jadi jarang begadang karena PS, gue malah sering begadang karena nonton TV.

Setelah masuk STM, gue jadi sering begadang karena laptop dan game. Nah dari kelas 1 gue udah keliatan gelagat pemalasnya, awal yang buruk. Tidak seperti permulaan SD maupun permulaan SMP. Gue gagal ambil kendali dalam urusan nilai. Karena gue pikir sekarang, itu disebabkan habbit gue beberapa tahun sebelumnya. Semakin memburuk lagi pada waktu prakerin, gue selalu keliatan letih dan lelah dan gue masih juga sering begadang. Dan sekarang kelas 3 semester 2 mendekati UN, gue bertekad untuk tidak tidur diatas jam 11 malam. Dan semakin maju gue mencoba meningkatkan nya jadi jam 10 malam, bahkan 9 malam. kadang berhasil, kadang juga tidak. Yah memang perubahan itu butuh proses x). Gue mulai mencoba minum kopi, hanya kalau gue begadang dan tidur lewat dari jam 11 malam. Karena gue ngga mau ngantuk apalagi mengulang "Tidur slow motion" itu lagi.
"Tidur slow motion" adalah tidur yang ngga pengen tidur dan itu hanya intercept untuk menahan kantuk dengan perlahan menahan kepala agar tidak terjatuh, understand it? Bila tidak hubungi rumah sakit terdekat.

Tibalah suatu malam saat gue begadang, karena kebetulan gue lagi ngebuat "kultwit". Dan saat gue  liat jam udah jam 12 lewat, sebelum tidur gue ngelakuin beberapa ritual dahsyat buat kesehatan, sikat gigi dan cuci muka serta cuci kaki misalnya. Gue tidur sampe jam 1 malam, karena udah dikasur pun rasa kantuknya lama datang. Ini sebenernya dalam hati gue kesel kenapa harus sampe jam satu, tapi ya sudahlah semua udah kejadian. Nah besok nya gue bangun, seperti yang gue rencanain kalo gue begadang gue ganti minuman "teh hangat pagi" gue dengan "kopi hangat pagi". Dalam keadaan yang agak gelap karena lampu dapur udah dimatiin orang tua, dan ngga boleh dihidupin. Karena katanya sih kalo mati idup lampu, nanti tagihan listrik nya gede. Ya biarinlah, lagian mata gue nggak rabun juga. Masih kelihatan apa yang mau gue kerjain.

Dalam keadaan setengah ngantuk, gue kedapur dan bikin kopi. 1,5 sendok kapal api dan 2 sendok gula pasir diaduk rata dalam gelas bir dengan air hampir penuh. Dan gue langsung mengenakan seragam gue sambil nunggu kopinya agak angetan. Pas gue mau pergi, gue seruput dah itu kopi. Pertama baunya agak aneh memang, ah gue pikir itu bau kentut semut yang ada sekitarnya. And... DAMN!! Itu kopi rasanya asin banget. Belum satu tegukan gue langsung mual, dan kopinya gue buang ke tempat pencucian piring. Ternyata setelah gue perhatiin memang yang gue masukin adalah garam dapur bukan gula pasir. Abis toplesnya mirip-mirip sih. Ruangan setengah gelap dan kondisi setengah ngantuk, gue yakin 9,5 dari 10 orang dari kalian bakal...

TERHINDAR dari yang gue alami. 

Yah, gue akui itu memang kesalahan gue dan ibu gue cukup ketawa mendengar gue cerita beberapa kemudian, beliau ngga tau karena lagi nyiramin bunga hasil rawatannya dipekarangan sempit depan rumah. Tapi setidaknya itu cukup membuat gue jauh dari kantuk pas disekolah hari itu, tapi dekat dengan rasa pengen muntah. Sangat dekat.
Gue coba tahan semampu mungkin, apalagi kalo gue ngeliat orang terus gue muntah kan kasian dia makan hasil daur ulang perut gue. Gue melewati hari itu dan kepercayaan diri tinggi, kepercayaan diri bahwa gue ngga bakal muntahin anak orang, guru atau apapun. Dan ternyata gue berhasil. Tapi haruskah gue berjoget dengan Dora dan Boots buat bilang "We Did it, we did it.."

1 comment:

  1. Blogging is the new poetry. I find it wonderful and amazing in many ways.

    ReplyDelete

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)