Friday

Membangun Karakter




Sebenarnya apa yang disebut karakter?

Kita seringkali merancukannya dengan temperamen/kepribadian. Karakter adalah suatu kualitas yang dimiliki oleh seseorang yang membedakan dirinya dengan orang lain. Sementara temperamen adalah sifay dasar yang dipengaruhi oleh kode generika faktor keturunan. Sedangkan kepribadian lebih mengarah ke etika yang kita tunjukkan saat kita berada di tengah orang, seperti cara kita berpakaian,berjalan,berjabat tangan,senyum,dll.


Bedanya dengan sifat,temperamen, dan kecerdasan, karakter bukanlah bawaan lahir. Ia dibentuk dan ditumbuhkan melalui PROSES BELAJAR dalam kehidupan. Artinya karakter yang baik itu bisa dimiliki oleh semua orang.


  • PENTINGNYA KARAKTER
Sejak dulu karakter dianggap sebagai ukuran terpenting manusia. Tokoh-tokoh dalam dongeng biasanya selain punya kemampuan yang hebat pasti juga punya perilaku yang baik. Sikap-sikap seperti keuletan,kejujuran,kesatria,kesabaran sangat ditekankan. Namun saat masuk jaman industri, diawal abad 20, kemampuan(kompetensi) menjadi ukuran penting. Industrialisasi menuntut skill yang lebih tinggi. Karakter menjadi terabaikan. Pada masa kini, IQ menjadi lebih diperhatikan karena dianggap bisa menggambarkan potensi kompetensi manusia. Akibatnya, tanpa sadar orang lebih mengagungkan sesuatu yang bersifat fisik dan materi. Jadilah banyak orang cerdas di negeri kita yang tidak berkarakter. Padahal kompetensi tanpa karakter yang baik, ibarat pisau di tangan anak kecil. Membahayakan!!

Perjalanan hidup membuktikan hanyalah orang-orang yang memiliki karakter baik yang akhirnya mampu bertahan di masa sulit. Kecerdasan dan karisma mungkin saja bisa membawa seseorang ke puncak kesuksesan. Namun, hanya karakter yang dapat membuat seseorang bertahan di puncak!! Kualitas sebuah karakter akan nampak ketika seseorang mengalami tekanan, tantangan dan kesulitan. “Seseorang yang berkali-kali menang melewati kesulitan akan memiliki kualitas yang baik. Tidak ada kualitas yang tidak diuji. Ujian bisa berupa tantangan, tekanan, kesulitan, halangan, penderitaan, dll yang tidak kita sukai. Jika kita berhasil melewatinya, tidak hanya sekali tetapi berkali-kali maka kita akan memiliki kualitas tersebut.


  • TERBENTUKNYA KARAKTER
Karena bukan bawaan lahir, karakter bisa ditumbuhkan dan dipengaruhi oleh banyak hal.
Ada 5 hal yang membentuk karakter yaitu:


 1. Temperamen dasar kita. Dominan, intim, stabil, cermat.
 2. Keyakinan kita. Apa yang kita percayai.
 3. Pendidikan dan wawasan
 4. Motivasi dan semangat hidup
 5. Perjalanan. Apa yang telah kita alami, masa lalu, pola asuh, lingkungan kita.

Lingkungan punya andil sangat penting dalam membentuk karakter!!


  • BUTUH MENTOR
Dalam prakteknya, karakter yang baik, solid dan teruji memang tidak dapat terbentuk dengan sendirinya dan harus melalui proses. Dalam proses itu kita membutuhkan mentor (guru). Perlu seorang pembina yang mengarahkan dan memberitahukan kekeliruan dan kelemahan karakter kita. Sedikitnya kita perlu punya 8 mentor dalam kehidupan kita. Carilah dan temukan mentor bagi karakter Anda.

Berapa lama untuk menumbuhkan dan membentuk karakter? Jawabannya: SEUMUR HIDUP!!


  • KARAKTER YANG MEMBAWA KEBERHASILAN:
 1. Integritas. Mampu mengintegritaskan kebajikan dalam dirinya.
 2. Konsisten: Ulet, disiplin
 3. Empati: Mengasihi sesama seperti diri sendiri.
 4. Tahan uji: Tetap tabah dan mengambil hikmah kehidupan dengan cara bersyukur.
 5. Beriman: Percaya bahwa Tuhan terlibat dalam kehidupan kita.

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)