Sunday

Membuat Fitur Search Engine Pada Blog

Membuat Fitur Search Engine Blog


Bagi sobat mania yang sudah lama bergumul di dunia per-bloggingan, tentu saja tulisan-tulisan dan arsip yang telah sobat ketik dan kumpulkan di dalam blog pun bisa dibilang tidak sedikit lagi. Dan, jika suatu saat sobat hendak mencari arsip-arsip lama, tentunya mengurutkan satu persatu dari halaman ke halaman lain akan menyita waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Oleh karena itu, penggunaan fasilitas Search tampaknya menjadi pilihan yang patut dicoba dan bisa dibilang, hampir semua web master selalu menempelkan fitur ini di situs yang mereka kelola.

Ada  banyak cara dan trik yang kerap digunakan untuk membangun fitur ini, mulai dari cara manual dengan menetapkan kata kunci tertentu untuk tiap-tiap postingan hingga meminta bantuan om Google.

Saya disini hanya akan mencoba berbagi tips dan trik dengan menggunakan cara yang kedua, yakni mendompleng ke Mesin Pencari Terhebat Se-Jagad (katanya sih begitu), Google.

Sebenarnya, ada beberapa trik dalam memanfaatkan Google ini, hanya saja demi efisiensi saya ambilkan yang paling mudah supaya ukuran blog anda tidak membengkak. Oya, walaupun menggunakan external search engine, namun validitasnya cukup memuaskan juga lho.

  • Pertama,

Masukkan script ini ke dalam tag header (diantara <head>...</head>):

<script language="javascript">
  function thisSite() {
    document.f.q.value=document.f.q.value+" site:http://maniac-mode.blogspot.com"
    return true
  }
</script>

Ganti warna merah dengan alamat blog sobat. Tidak perlu menuliskan alamat lengkapnya dengan http://... atau www.

  • Kedua

Letakkan tag ini di tempat yang anda inginkan (di dalam tag <body>):

<form action="http://www.google.com/search" name="f" onSubmit="thisSite()">
  <p>Masukkan kata kunci :<br>
    <input name="hl" value="en" type="hidden">
    <input class="form" maxlength="256" size="21" name="q">
    &nbsp;
    <input align="top" name="btnG" type="submit" value="Search">
  </p>
</form>

Maxlength: jumlah maksimal karakter huruf yang bisa dimasukkan.Size: besar ukuran kotak pencari.

Selain contoh di atas, anda pun bisa mengadakan beberap modifikasi, diantaranya mengganti tipe button menjadi tipe image dengan berbagai variannya.

Perlu diingat bahwa Google menggunakan sistem crawl, sehingga memasukkan kata kunci yang terdapat pada suatu artikel yang sudah dihapus atau bersifat non-permanen (dapat berubah sewaktu-waktu), barangkali akan membuat anda menyangka fitur ini tidak valid lantaran ketika membuka halaman yang direkomendasikan Google, anda tidak menemukan sesuatu yang diharapkan.





Sekian. Thanks for Visits :)