Saturday

Tentang Mozilla Firefox 4




Hadir Firefox 4, Kinerja Mantap, Lebih Ramping & Bersih


Mozilla telah meluncurkan Firefox 4, versi terkini browser web populer berbasis open source. Versi pemutakhiran keempat sebenarnya dijadwalkan rilis pada akhir 2010, namun sejumlah fitur baru yang belum kelar digarap membuat tenggat dimundurkan beberapa kali.
Kini waktu menunggu telah usai, Firefox 4 baru yang telah dikembangkan bisa diunduh bebas untuk Windows, Mac dan Linux.

Firefox 4 adalah perbaikan besar. Browser ini mengusung tampilan antar muka lebih mantap dan akselerasi kecepatan hadware juga telah ditingkatkan

Menurut tim Mozilla, kecepatan mengarsir tampilan laman didongkrak hingga tiga kali lipat. Dukungan terhadap standar sebuah web, seperti video HTML5, efek visual CSS 3 dan font-font web asli juga ditingkatkan.

Perubahan paling mudah dikenali pada Firefox 4 adalah antarmuka pengguna, yang menggarisbawahi tampilan dan mood Firefox baru.

Tab-tab dipindahkan ke atas jendela browser, tepat di atas balok URL. Pada Windows, Firefox 4 terlihat sama persis dengan penempatan tab milik Chrome. Desain itu otomatis memangkas jumlah ruang yang dibutuhkan tab.




Sedangkan pada Mac OS X, tab Firefox 4 tidak memanjang ke title bar. Jika anda tidak suka tabs di atas, ada opsi preferensi untuk mengembalikan tampilan ke bentuk lama.

Balok status yang nampang di dasar window kini tak lagi ada. Alih-alih, tim Mozilla menghadilkan 'ruang bagi Add-ons', meski fungsi ini dibuat tak tampil dari sononya. Artinya anda harus mengklik 'Add-ons bar' tersebut bila ingin mengaktifkan.

Informasi utama yang hilang di status bar--yakni alamat URL yang terlihat ketika anda melakukan hover di atas tautan--kini muncul di window 'mengapung' gaya khas ala Chrome dan IE 9.

Juga yang hilang dari Firefox 4 yakni tombol RSS, yang menurut tim riset Mozilla, tak satupun pengguna pernah memanfaatkan itu. Jika anda termasuk dari pengguna sedikit yang pernah menggunakan RSS, tidak sulit untuk menambahkan tombol itu kembali.

Jelas sekali, antarmuka minimalis Chrome telah menginspirasi Firefox untuk memangkas dan membersihkan tampirannya. Namun, Firefox memiliki sedikit trik pada lengan-lengannya.

Browser ini mengenalkan fitur baru bernama "Panorama". Fitur ini membuat anda mampu membentuk grup tab dan berpindah cepat dari kelompok tab-tab tersebut. Khusus fitur ini dianggap bersahabat bagi mereka yang kerap membuka puluhan tab dalam satu waktu.

Panorama membantu anda mengatasi kekacauan akibat banyak tab. Sebagai contoh, anda dapat membuat grup tab khusus untuk kerja, untuk bersenang-senang, lalu dengan cepat berpindah dari grup-grup tersebut.

Ada banyak fitur baru dalam Firefox 4 yang tak mungkin diulas semua di sini. Sangat dianjurkan bagi anda untuk menelisik detail satu demi satu fitur untuk mengalami hal baru.

Akselerasi Kecepatan dan Hardware



Firefox 4 membuat perubahan dengan tingkat kecepatan memukau. Maklum, semua pembesut browser pasti paham pengguna tak bakal sudi memutakhirkan browser bila versi terbaru tidak dibuat lebih cepat. (Gambar di atas menunjukkan perbandingan Firefox 4 dengan browser lain.)

Berbicara soal kecepatan, Firefox 4 menghadirkan itu. Yang patut diberi terima kasih yakni mesin pengarsir Gecko dan JavaScript yang membuat versi terbaru lebih cepat ketimbang pendahulunya.

Rilis ini juga memberi dukungan kepada akselerasi hardware. Gagasan dibalik percepatan hardware adalah mengalihkan tugas intensif yang selama ini diemban prosesor ke kartu grafis komputer sehingga pengarsiran gambar dan laman berlangsung lebih cepat dan lebih mulus.

Akselerasi hardware sangat membantu terutama untuk pekerjaan-pekerjaan umum seperti mengarsis teks dan gambar.

Interent Explorer 9 memang menonjolkan percepatan hardware saat dirilis pekan lalu, namun Firefox tidak hanya mengungguli IE 9 dalam beberapa uji coba, browser rubah oranye ini juga masih mendukung Windows XP. Sementara akselerasi IE9 hanya terbatas untuk Windows Vista dan Windows 7.

Fakta sesungguhnya akselerasi hardware pada Firefox 4 bekerja lintas platform dengan memanfaatkan teknologi Direct2D dan Direct3D pada Windows, XRender pada Linux dan OpenGL pada Mac, demi membuat animasi dan aplikasi rumit berbasis HTML5 melenggang mulus.

Keunggulan lain, akselerasi hardware Firefox 4’s dibuat bekerja dari desain aslinya untuk semua jenis hardware. Firefox juga memberi dukungan bagi fitur-fitur HTML5 seperti tag video dan audio, begitu juga elemen lain serta puluhan aplikasi pemrograman antarmuka (API) merentang dari drag-and-drop file hingga mengunggah ke geolocation.

Firefox 4 juga menghadirkan aturan CSS lebih stabil. Browser ini juga mendukung WebGL, yang berarti grafis 3D dan animasi lebih cepat. Untuk melihat bagaimana aksi dukungan baru terhadap HTML5, CSS 3 dan API, segera tengok laman demo Mozilla’s Web o’ Wonders yang menayangkan dukungan-dukungan dalam Firefox 4.

Kesimpulan, Firefox 4 adalah perubahan besar dan sudah seharusnya bila anda memutakhirkan browser dengan segera. Pasalnya tidak hanya cepat, browser ini juga membawa pengalaman web modern ke dalam dekstop anda.

No comments:

Post a Comment

Thanks for visits. Please tell something for this post in comment form :)